•
E-Payment suatu sistem menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau
barang-barang yang dilakukan di Internet. Didalam membandingkan dengan
sistem pembayaran konvensional, pelanggan mengirimkan semua data terkait
dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di Internet dan tidak
ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan.
• E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms, atau online service seperti internet online bangking.
•
E-payment adalah suatu sistem yang mengotomatisasikan beberapa
sub-sistem dimana pembayaran yang meliputi cicilan rumah, kartu kredit,
berbagai pinjaman nasabah yang memudahkan transaksi pembayaran secara
online dimana internet merupakan salah satu interface media pembayaran
Saat
ini peningkatan akses terhadap internet mulai mengubah gaya hidup
manusia dalam berbagai aspek, seperti kegiatan jual beli. Kini, proses
jual beli dapat dilakukan secara virtual melalui jaringan elektronik.
Proses jual beli serta pertukaan informasi dengan menggunakan jaringan
elektronik di kenal dengan nama e-commerce (electronic commerce). Contoh
dari aplikasi e-commerce adalah situs toko buku Amazon.com. Toko buku
ini berdiri pada tahun 1994, dan saat ini menjadi toko buku online
terbesar di dunia.
Perkembangan internet juga menyebabkan
terbentuknya sebuah dunia baru yang disebut dengan dunia maya. Di
dunia maya ini, setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk
berinteraksi dengan individu lain tanpa adanya batasan
apapun. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di
dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas. Dari seluruh
aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor
bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari
perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling
cepat tumbuh. Melalui e-payment, manusia dengan mudah melakukan
pembayaran di manapun manusia itu berada.
E-Payment adalah pembayaran
elektronik melalui sms, atau online service seperti internet online
bangking. Penggunaan E-payment ini sebenarnya sudah dimulai sejak awal
1970-an dalam sector finansial. Dengan adanya e-payment ini juga
memungkin orang untuk memberikan kemudahan dalam bertranstraksi yang
lebih mudah dari pada memakai uang cash. Selain itu, untuk meningkatkan
efesiensi pembayaran, meningkatkan customer loyality dan lebih
meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu. Jadi dengan adanya
e-payment ini lebih mudah bukan.
Selain itu, e-payment menawarkan
keuntungan seperti lebih murah dan lebih hemat waktu. Pihak-pihak yang
terlibat transaksi dapat mengirim atau menerima uang dari dan ke pihak
lain dari manapun dan kapanpun. E-Payment juga tentunya dapat mengurangi
biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi kertas yang yang sebelumnya
diperlukan untuk berbagai macam dokumen pembayaran yang dilakukan secara
tradisional. Hal ini tentunya dapat membuat e-payment ikut
berkontribusi dalam mengurangi efek pemanasan global. Semua dokumen
terkait pembayaran dapat dibuat dan ditransmisikan secara elektronis
dengan memanfaatkan e-payment.
Masyarakat Indonesia saat ini
memiliki beberapa kondisi yang memiliki hubungan erat dengan pengguna
e-payment di Indonesia. Agar suatu sistem e-payment dapat dimanfaatkan
secara luas di masyarakat Indonesia, kondisi tersebut harus menjadi
perhatian khusus dalam mengembangkan suatu sistem e-payment. Oleh sebab
itu, diperlukan adanya suatu inovasi pemodelan sistem e-payment yang
sesuai dengan masyarakat Indonesian sekarang. Agar generasi muda
mengetahui apa itu e-payment. Maka dari itu saya menyusun makalah ini
sebagi tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komputer.
E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms , atau online srvice seperti
internet online banking.
B. Aplikasi Penggunaan E-Payment
Penggujnaan jaringan elektronik untuk berdagang sudah di mulai sejak awal 1970-an
dalam sektor finansial. Beberapa aplikasi pertamanya terlibat dalam sistem EFT
(Elektronics Fund Transfer).
1
EFT adalah merupakan perpindahan uang antara
institusi finanasial melalui jaringan komunikasi.
Untuk mendukung fasilitas e-payment, Garuda Indonesia menjalin kerjasama dengan
sejumlah lembaga perbankan terkemuka di Indonesia seperti BCA, Bank Mandiri,
BNI, BRI, Bank Ekonomi, Bank Lippo, Bank Niaga, Bank Permata, BII dan lain-lain.
Dengan jaringan perbankan yang begitu luas, transaksi pembelian dan pembayaran
tiket dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, sesuai dengan kebutuhan dan waktu
yang dimiliki.
1
Barnes, Sand Hunt, B. E-Commerce & E-Bussiness, Butter Worth, Heinemann, Great Britain. 2001. 4
C. Manfaat Penggunaan E-Payment
Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya:
•
Meningkatkan efisiensi pembayaran
•
Meningkatkan customer loyality
•
Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash
•
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu
•
Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media pembayaran
D. Pengaruh Penggunaan E-Payment
Pengaruh e-payment pada PT Garuda sangat berpengaruh sekali terhadap pelayanan
kepada konsumennya dibandingkan dengan pembayaran melaui jalur tradisional.
Dengan nilai jalur e-payment PT Garuda Indonesia dapat memberikan layanan
kepada masyarakat yang ingin melakukan penerbangan dari satu tempat ke tempat
yang lain dengan mudah dan menjajikan kenyamanan. Selain itu, PT Garuda
Indonesia jugfa membuka wawasan ke depan bahwa industri bisa disandingkan dalam
teknologi informasi yang sifatnya online untuk kemajuan perusahaan.
Cara ini lebih mudah dilakukan dengan beragam fasilitas online payment. Dengan
fasilitas ini urusan tiket penerbangan bisa diselesaikan hanya melalui telepon
genggam, begitu sederhana.
E. Kelebihan Penggunaan E-Payment
E-Payment memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, yaitu:
• Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
• Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
• Lebih efektif dan efisien waktu
• Memberikan keamanan dalam bertransaksi 5
F. Nilai Bagi Perusahaan dalam Penggunaan E-Payment
Perusahaan dapat dengan mudah dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan
dalam bertransaksi. Dengan semakin meningkatnya kinerja keamanan di Indonesia
diharapkan semakin menciptakan situasi yang kondusif bagi perkembangan industri
kepariwisataan nasional.
Pengertian E-Payment
E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms , atau online service seperti internet online banking.
Manfaat Penggunaan E-Payment
Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya:
Meningkatkan efisiensi pembayaran
Meningkatkan customer loyality
Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu
Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media pembayaran
Kelebihan Penggunaan E-Payment
E-Payment memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, yaitu:
Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
Lebih efektif dan efisien waktu
Memberikan keamanan dalam bertransaksi
Nilai Bagi Perusahaan dalam Penggunaan E-Payment
Perusahaan
dapat dengan mudah dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan dalam
bertransaksi. Dengan semakin meningkatnya kinerja keamanan di Indonesia
diharapkan semakin menciptakan situasi yang kondusif bagi perkembangan
industri kepariwisataan nasional.
Perbandingan Antara Pembayaran Menggunakan E-Payment dengan Pembayaran Secara Konvensional
Jenis Transaksi -> Proses Transaksi
1.
E-Payment -> Menggunakan metode yang kompleks dalam melakukan proses
pembayaran dan memiliki sistem keamanan sendiri (lebih aman)
2. Konvensional -> Pengisian formulir pembayaran dilakukan secara manual (keamanan tidak terjamin)
Kerugian Yang Mungkin Muncul
Selain kelebihan, e-payment juga memiliki kerugian yang mungkin muncul. Kerugian itu diantaranya adalah:
Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal
Orang Indonesia masih belum/tidak terbiasa melakukan pembayaran elektronik
Masalah keamanan yang membuat orang takut melakukan transaksi
Munculnya kejahatan baru
Kurangnya pengetahuan IT di Indonesia
Tidak semua orang memiliki akses terhadap internet
Sebuah
sistem pembayaran adalah sistem yang digunakan untuk mentransfer uang.
Apa yang membuatnya menjadi "sistem" adalah bahwa hal itu mempekerjakan
pengganti uang tunai, sistem pembayaran tradisional adalah instrumen
negotiable seperti draft (misalnya, cek) dan kredit dokumenter seperti
surat kredit. Dengan munculnya komputer dan komunikasi elektronik
sejumlah besar alternatif sistem pembayaran elektronik telah muncul. Ini
termasuk kartu debit, kartu kredit, transfer dana elektronik, kredit
langsung, debet langsung, internet banking dan e-commerce sistem
pembayaran. Beberapa sistem pembayaran termasuk mekanisme kredit, tapi
itu pada dasarnya adalah sebuah aspek yang berbeda dari pembayaran.
Sistem pembayaran yang digunakan sebagai pengganti uang tunai dalam
transaksi tender domestik dan internasional dan terdiri dari layanan
utama yang disediakan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya.
Sistem
pembayaran dapat fisik atau elektronik dan masing-masing memiliki
prosedur mereka sendiri dan protokol. Standardisasi telah memungkinkan
beberapa sistem dan jaringan tumbuh ke skala global, tetapi ada negara
yang masih banyak dan sistem produk tertentu. Contoh sistem pembayaran
yang telah menjadi global yang tersedia adalah kartu kredit dan jaringan
mesin teller otomatis. Bentuk-bentuk khusus dari sistem pembayaran juga
digunakan untuk menyelesaikan transaksi keuangan untuk produk di pasar
modal, pasar obligasi, pasar uang, pasar berjangka, pasar derivatif,
pasar opsi dan untuk mentransfer dana antara lembaga keuangan baik
kliring domestik menggunakan dan Real Time Gross Settlement ( RTGS)
sistem dan internasional menggunakan jaringan SWIFT. Karena dukungan
dari mata uang kertas modern dengan obligasi pemerintah, sistem
pembayaran adalah bagian inti dari sistem moneter modern.
Pembayaran
elektronik panjang dapat merujuk sempit untuk e-commerce - pembayaran
untuk membeli dan menjual barang atau jasa yang ditawarkan melalui
Internet, atau secara luas untuk semua jenis transfer dana elektronik.
Uang
elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam
transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini
melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem
penyimpanan harga digital. Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah
contoh uang elektronik.
Uang elektronik merupakan bidang yang
menarik dalam kriptografi (lihat, hasil kerja David Chaum), penggunaan
uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil. Satu kesuksesan
yang jarang adalah kartu Octopus Hong Kong, yang dimulai sebagai sistem
pembayaran transit dan telah tumbuh menjadi sistem uang kas yang banyak
digunakan umum. Sukses lainnya adalah jaringan Interac Kanada, yang pada
tahun 2000, telah melewati pembayaran uang tunai dalam bidang retail di
Kanada [1].
Daftar isi
[sembunyikan]
1 Uang elektronik dan mata uang
2 Keuntungan
3 Lihat pula
4 Pranala luar
[sunting] Uang elektronik dan mata uang
Secara
teknis, uang elektronik dapat menjadi sebuah mata uang yang independen,
seperti e-Gold atau seperti Euro sebelum tender legal Eura
diperkenalkan pada 2002.
Sistem moneter Ripple adalah sebuah projek terdistribusi uang elektronik yang bebas dari mata uang.
[sunting] Keuntungan
Kebanyakan
uang di dunia sekarang ini adalah elektronik, dan uang tunai mulai
semakin berkurang penggunaannya. Dengan perkenalan internet, bank
online, kartu debit, dan pembayaran online, dan bisnis internet, uang
kertas menjadi sebuah barang masa lalu.
Bank-bank sekarang
menawarkan jasa di mana "customer" dapat mentransfer dana, saham yang
dibeli, menyumbang ke rencana pensiun mereka (seperti RRSP Kanada) dan
menawarkan berbagai variasi jasa lainnya tanpa harus menggunakan uang
tunai atau cek. Pelanggan tidak harus menunggu barisan, dan ini
menciptakan linkungan yang bebas-repot.
Kartu debit dan
pembayaran online membuat transfer dana secara langsung dari seorang
individu ke account bisnis, tanpa uang kertas. Ini memberikan
kepraktisan yang besar bagi banyak orang dan juga bisnis.