Rabu, 09 Januari 2013

Artikel Tentang E-Payment

• E-Payment suatu sistem menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau barang-barang yang dilakukan di Internet. Didalam membandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, pelanggan mengirimkan semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di Internet dan tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan.
• E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms, atau online service seperti internet online bangking.
• E-payment adalah suatu sistem yang mengotomatisasikan beberapa sub-sistem dimana pembayaran yang meliputi cicilan rumah, kartu kredit, berbagai pinjaman nasabah yang memudahkan transaksi pembayaran secara online dimana internet merupakan salah satu interface media pembayaran

Saat ini peningkatan akses terhadap internet mulai mengubah gaya hidup manusia dalam berbagai aspek, seperti kegiatan jual beli. Kini, proses jual beli dapat dilakukan secara virtual melalui jaringan elektronik. Proses jual beli serta pertukaan informasi dengan menggunakan jaringan elektronik di kenal dengan nama e-commerce (electronic commerce). Contoh dari aplikasi e-commerce adalah situs toko buku Amazon.com. Toko buku ini berdiri pada tahun 1994, dan saat ini menjadi toko buku online terbesar di dunia.
Perkembangan internet juga menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang disebut dengan dunia maya. Di dunia maya ini, setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa adanya batasan apapun. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Melalui e-payment, manusia dengan mudah melakukan pembayaran di manapun manusia itu berada.
E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms, atau online service seperti internet online bangking. Penggunaan E-payment ini sebenarnya sudah dimulai sejak awal 1970-an dalam sector finansial. Dengan adanya e-payment ini juga memungkin orang untuk memberikan kemudahan dalam bertranstraksi yang lebih mudah dari pada memakai uang cash. Selain itu, untuk meningkatkan efesiensi pembayaran, meningkatkan customer loyality dan lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu. Jadi dengan adanya e-payment ini lebih mudah bukan.
Selain itu, e-payment menawarkan keuntungan seperti lebih murah dan lebih hemat waktu. Pihak-pihak yang terlibat transaksi dapat mengirim atau menerima uang dari dan ke pihak lain dari manapun dan kapanpun. E-Payment juga tentunya dapat mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi kertas yang yang sebelumnya diperlukan untuk berbagai macam dokumen pembayaran yang dilakukan secara tradisional. Hal ini tentunya dapat membuat e-payment ikut berkontribusi dalam mengurangi efek pemanasan global. Semua dokumen terkait pembayaran dapat dibuat dan ditransmisikan secara elektronis dengan memanfaatkan e-payment.

Masyarakat Indonesia saat ini memiliki beberapa kondisi yang memiliki hubungan erat dengan pengguna e-payment di Indonesia. Agar suatu sistem e-payment dapat dimanfaatkan secara luas di masyarakat Indonesia, kondisi tersebut harus menjadi perhatian khusus dalam mengembangkan suatu sistem e-payment. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu inovasi pemodelan sistem e-payment yang sesuai dengan masyarakat Indonesian sekarang. Agar generasi muda mengetahui apa itu e-payment. Maka dari itu saya menyusun makalah ini sebagi tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komputer.

E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms , atau online srvice seperti
internet online banking.

B. Aplikasi Penggunaan E-Payment

Penggujnaan jaringan elektronik untuk berdagang sudah di mulai sejak awal 1970-an
dalam sektor finansial. Beberapa aplikasi pertamanya terlibat dalam sistem EFT
(Elektronics Fund Transfer).
1
EFT adalah merupakan perpindahan uang antara
institusi finanasial melalui jaringan komunikasi.

Untuk mendukung fasilitas e-payment, Garuda Indonesia menjalin kerjasama dengan
sejumlah lembaga perbankan terkemuka di Indonesia seperti BCA, Bank Mandiri,
BNI, BRI, Bank Ekonomi, Bank Lippo, Bank Niaga, Bank Permata, BII dan lain-lain.
Dengan jaringan perbankan yang begitu luas, transaksi pembelian dan pembayaran
tiket dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, sesuai dengan kebutuhan dan waktu
yang dimiliki.






1
Barnes, Sand Hunt, B. E-Commerce & E-Bussiness, Butter Worth, Heinemann, Great Britain. 2001. 4

C. Manfaat Penggunaan E-Payment

Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya:

Meningkatkan efisiensi pembayaran

Meningkatkan customer loyality

Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash

Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu

Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media pembayaran

D. Pengaruh Penggunaan E-Payment

Pengaruh e-payment pada PT Garuda sangat berpengaruh sekali terhadap pelayanan
kepada konsumennya dibandingkan dengan pembayaran melaui jalur tradisional.
Dengan nilai jalur e-payment PT Garuda Indonesia dapat memberikan layanan
kepada masyarakat yang ingin melakukan penerbangan dari satu tempat ke tempat
yang lain dengan mudah dan menjajikan kenyamanan. Selain itu, PT Garuda
Indonesia jugfa membuka wawasan ke depan bahwa industri bisa disandingkan dalam
teknologi informasi yang sifatnya online untuk kemajuan perusahaan.

Cara ini lebih mudah dilakukan dengan beragam fasilitas online payment. Dengan
fasilitas ini urusan tiket penerbangan bisa diselesaikan hanya melalui telepon
genggam, begitu sederhana.

E. Kelebihan Penggunaan E-Payment

E-Payment memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, yaitu:
• Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
• Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
• Lebih efektif dan efisien waktu
• Memberikan keamanan dalam bertransaksi 5

F. Nilai Bagi Perusahaan dalam Penggunaan E-Payment

Perusahaan dapat dengan mudah dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan
dalam bertransaksi. Dengan semakin meningkatnya kinerja keamanan di Indonesia
diharapkan semakin menciptakan situasi yang kondusif bagi perkembangan industri
kepariwisataan nasional.

Pengertian E-Payment

E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms , atau online service seperti internet online banking.

Manfaat Penggunaan E-Payment

Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya:

Meningkatkan efisiensi pembayaran
Meningkatkan customer loyality
Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu
Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media pembayaran

Kelebihan Penggunaan E-Payment

E-Payment memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, yaitu:

Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
Lebih efektif dan efisien waktu
Memberikan keamanan dalam bertransaksi

Nilai Bagi Perusahaan dalam Penggunaan E-Payment


Perusahaan dapat dengan mudah dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Dengan semakin meningkatnya kinerja keamanan di Indonesia diharapkan semakin menciptakan situasi yang kondusif bagi perkembangan industri kepariwisataan nasional.

Perbandingan Antara Pembayaran Menggunakan E-Payment dengan Pembayaran Secara Konvensional

Jenis Transaksi -> Proses Transaksi

1. E-Payment -> Menggunakan metode yang kompleks dalam melakukan proses pembayaran dan memiliki sistem keamanan sendiri (lebih aman)

2. Konvensional -> Pengisian formulir pembayaran dilakukan secara manual (keamanan tidak terjamin)

Kerugian Yang Mungkin Muncul

Selain kelebihan, e-payment juga memiliki kerugian yang mungkin muncul. Kerugian itu diantaranya adalah:

Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal
Orang Indonesia masih belum/tidak terbiasa melakukan pembayaran elektronik
Masalah keamanan yang membuat orang takut melakukan transaksi
Munculnya kejahatan baru
Kurangnya pengetahuan IT di Indonesia
Tidak semua orang memiliki akses terhadap internet

Sebuah sistem pembayaran adalah sistem yang digunakan untuk mentransfer uang. Apa yang membuatnya menjadi "sistem" adalah bahwa hal itu mempekerjakan pengganti uang tunai, sistem pembayaran tradisional adalah instrumen negotiable seperti draft (misalnya, cek) dan kredit dokumenter seperti surat kredit. Dengan munculnya komputer dan komunikasi elektronik sejumlah besar alternatif sistem pembayaran elektronik telah muncul. Ini termasuk kartu debit, kartu kredit, transfer dana elektronik, kredit langsung, debet langsung, internet banking dan e-commerce sistem pembayaran. Beberapa sistem pembayaran termasuk mekanisme kredit, tapi itu pada dasarnya adalah sebuah aspek yang berbeda dari pembayaran. Sistem pembayaran yang digunakan sebagai pengganti uang tunai dalam transaksi tender domestik dan internasional dan terdiri dari layanan utama yang disediakan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya.

Sistem pembayaran dapat fisik atau elektronik dan masing-masing memiliki prosedur mereka sendiri dan protokol. Standardisasi telah memungkinkan beberapa sistem dan jaringan tumbuh ke skala global, tetapi ada negara yang masih banyak dan sistem produk tertentu. Contoh sistem pembayaran yang telah menjadi global yang tersedia adalah kartu kredit dan jaringan mesin teller otomatis. Bentuk-bentuk khusus dari sistem pembayaran juga digunakan untuk menyelesaikan transaksi keuangan untuk produk di pasar modal, pasar obligasi, pasar uang, pasar berjangka, pasar derivatif, pasar opsi dan untuk mentransfer dana antara lembaga keuangan baik kliring domestik menggunakan dan Real Time Gross Settlement ( RTGS) sistem dan internasional menggunakan jaringan SWIFT. Karena dukungan dari mata uang kertas modern dengan obligasi pemerintah, sistem pembayaran adalah bagian inti dari sistem moneter modern.

Pembayaran elektronik panjang dapat merujuk sempit untuk e-commerce - pembayaran untuk membeli dan menjual barang atau jasa yang ditawarkan melalui Internet, atau secara luas untuk semua jenis transfer dana elektronik.

Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital. Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik.

Uang elektronik merupakan bidang yang menarik dalam kriptografi (lihat, hasil kerja David Chaum), penggunaan uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil. Satu kesuksesan yang jarang adalah kartu Octopus Hong Kong, yang dimulai sebagai sistem pembayaran transit dan telah tumbuh menjadi sistem uang kas yang banyak digunakan umum. Sukses lainnya adalah jaringan Interac Kanada, yang pada tahun 2000, telah melewati pembayaran uang tunai dalam bidang retail di Kanada [1].
Daftar isi
[sembunyikan]

1 Uang elektronik dan mata uang
2 Keuntungan
3 Lihat pula
4 Pranala luar

[sunting] Uang elektronik dan mata uang

Secara teknis, uang elektronik dapat menjadi sebuah mata uang yang independen, seperti e-Gold atau seperti Euro sebelum tender legal Eura diperkenalkan pada 2002.

Sistem moneter Ripple adalah sebuah projek terdistribusi uang elektronik yang bebas dari mata uang.
[sunting] Keuntungan

Kebanyakan uang di dunia sekarang ini adalah elektronik, dan uang tunai mulai semakin berkurang penggunaannya. Dengan perkenalan internet, bank online, kartu debit, dan pembayaran online, dan bisnis internet, uang kertas menjadi sebuah barang masa lalu.

Bank-bank sekarang menawarkan jasa di mana "customer" dapat mentransfer dana, saham yang dibeli, menyumbang ke rencana pensiun mereka (seperti RRSP Kanada) dan menawarkan berbagai variasi jasa lainnya tanpa harus menggunakan uang tunai atau cek. Pelanggan tidak harus menunggu barisan, dan ini menciptakan linkungan yang bebas-repot.

Kartu debit dan pembayaran online membuat transfer dana secara langsung dari seorang individu ke account bisnis, tanpa uang kertas. Ini memberikan kepraktisan yang besar bagi banyak orang dan juga bisnis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar